Anda ingin kaya? (Sebaiknya) Jangan ikut Tianshi..
UPDATE:
Bagi yang ingin mengomentari tulisan ini, bisa melakukannya di:
http://anthonysteven.wordpress.com/2008/06/05/mirror1/
——-
Judul diatas mungkin provokatif karena kesannya menyerang merek. Akan tetapi ini hanya analisa sederhana saja dari saya.
Saya sudah empat kali diprospek (dipresentasi / ditawarkan) oleh teman-teman saya untuk join MLM Tianshi dan sempat betul-betul tertarik untuk gabung juga. Namun, akhirnya tidak jadi dan saya sih cukup bersyukur juga
Yang cukup menarik, paling tidak dua orang dari yang memprospek saya sekarang sedang “vakum” (berhenti sementara), satu orang yang memprospek saya dalam keadaan masih bintang tiga setelah satu tahun berjalan, dan satu lagi…. hem, wish the best for him
Hal yang cukup menarik, waktu saya ikut seminarnya di depok, ada seorang upline bintang tujuh yang melakukan presentasi dan setelah selesai (waktu itu malam hari…) pulangnya…. naik bus. Naik bus. hmmm…
Ada dua kemungkinan sih, yang pertama dia memang rendah hati, rumahnya tidak terlalu jauh, atau malas nyetir (which are good reasons) atau memang menjadi bintang tujuh ternyata tidak seglamor yang kelihatannya (which is…. )
Akhirnya, setelah menemukan artikel menarik di sini dan merenungkan (banyak merenungkan) sistem Tianshi, saya mengambil kesimpulan:
Anda ingin kaya? (Sebaiknya) Jangan ikut Tianshi..
Loh, kenapa begitu?
OK, mungkin pertanyaan pertama yang perlu dijawab:
Kenapa Tianshi? Masih banyak toh, MLM lain semisal Amway, CNI, Sophie Martin, dll?
2 Alasan:
1. Tianshi adalah MLM yang baik dari segi produk, paling tidak sepanjang yang saya tahu belum ada keluhan menyangkut produknya. (Mungkin yang pernah mendengar bisa berbagi info
)
2. Tianshi adalah MLM betulan. MLM yang sah dan legal serta diakui di banyak negara. Dari sisi MLM, Tianshi mungkin salah satu yang terbaik dan terkuat di dunia.
Jadi kenapa Tianshi?
I just want to open your eyes, kalau MLM sebaik Tianshi saja bukan merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi kaya, bagaimana dengan MLM yang lain? Yang produknya masih dipertanyakan? Yang bukan MLM betulan?
MLM bukanlah cara yang tepat dan baik untuk menjadi kaya. Why? Naze?
Let’s take a look on the system:
| Peringkat | Potensi Income |
| 15% dari harga produk | |
| Minimal Rp 140.000,- | |
| Rp 185.000 - 1,5 juta | |
| Rp 185.000 - 2 juta | |
| Rp 2 - 5 juta | |
| Rp 5 - 10 juta | |
| Rp 10 - 20 juta | |
| Di atas Rp. 20juta | |
| Bronze Lion (BL) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL |
| Silver Lion (SL) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL + Bonus SL |
| Gold Lion (GL) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL + Bonus SL + Bonus GL |
| Diamond Gold Lion (DGL) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL + Bonus SL + Bonus GL + Bonus DGL |
| Director (DIR) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL + Bonus SL + Bonus GL + Bonus DGL + Bonus DIR |
| Excecutive Director (Exc.Dir.) | > Bonus Btg. 8 + Bonus BL + Bonus SL + Bonus GL + Bonus DGL + Bonus Dir + Bonus Exc.Dir |
|
PERINGKAT |
SYARAT & KONDISI |
||
|
|
Pendaftaran Rp. 85.000,- Satu kali untuk selamanya Mendapat Kartu ID dan Starter Kit. |
||
|
|
Pendaftaran Rp. 85.000,- Belanja produk Rp 500.000 - kurang Rp. 2000.000,- Langsung atau Akumulasi |
||
|
|
Pendaftaran Rp. 85.000,- Belanja Produk minimal Rp. 2.000.000,- Akumulasi tanpa batas waktu |
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
BRONZE LION
|
Ada 2 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
SILVER LION
|
Ada 3 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
GOLD LION
|
Ada 4 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
|
Ada 5 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
|
Ada 6 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
|
Ada 7 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
|
Ada 8 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
|
Ada 10 orang bintang 8 di kaki yang berbeda | ||
|
DIRECTOR
|
Ada 4 orang Gold Lion di kaki yang berbeda | ||
|
EXCECUTIVE DIRECTOR
|
Ada 4 orang Director di kaki yang berbeda |
Saya rasa skema di atas sudah cukup menjelaskan sistemnya, skema diatas diambil dari sini dan sini.
Contoh slip pendapatan pemilik Tianshi bisa dilihat di sini.
Saya sangat menghargai pembuatan skema di atas yang cukup jujur dan tidak melebih-lebihkan.
OK, dalam Tianshi atau MLM apapun pada umumnya, kita ingin mendapatkan passive income, yaitu income yang datang tanpa kita bekerja. Dalam Tianshi, passive income ini baru bisa dinikmati secara enak setelah peringkat Bronze Lion.
Mengapa begitu?
Karena mulai dari peringkat ini ada Sharing bonus yang berasal dari sini:
Bronze Lion = 1 % x Omzet Dunia : jumlah Bronze Lion.
Silver Lion = 0,75 % x Omzet Dunia : Jumlah Silver Lion
Gold Lion = 0,5 % x Omzet Dunia : Jumlah Gold Lion
Diamond Gold Lion = 0,5 % x Omzet Dunia : Jumlah Diamond Gold Lion
Director = 0,25 % x Omzet Dunia : Jumlah Director.
Excecutive Director = 0,25 % x Omzet Dunia : Jumlah Exc.Director.
Karena sudah tergantung Omzet Dunia, distributor yang sudah mencapai tahap ini, betul-betul bisa cukup santai dan menikmati hidup
Tapi, mari kita tinjau sejenak, berapa sih luas jaringan yang diperlukan untuk menjadi seorang Bronze Lion?
Karena dalam Tianshi bisa langsung daftar menjadi bintang tiga dan jika melihat skema di atas, maka minimal downline yang diperlukan adalah:
bintang tiga: 0 downline
bintang empat: 2 downline
bintang lima: 2 x 2 = 4 downline
bintang enam: 2 x 2 x 2 = 8 downline
bintang tujuh: 2 x 2 x 2 x 2 = 16 downline
bintang delapan: 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 32 downline
BL: 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 64 downline
Total: 2 + 4 + 8 + 16 + 32 + 64 = 126 downlines
Hmmmh cuma 126? Sedikit sekali? Kenyataannya skema di atas sangat amat sulit terjadi, saya sangat yakin tidak mungkin terjadi (0,00000000000001%). Karena naik bintang dengan 2 kaki saja berarti BV yang lebih besar, selain itu menemukan 2 kaki yang langsung handal dan masing-masing punya 2 kaki yang juga handal, sampai kedalaman 6 level, hampir mustahil.
Tapi mari berpikir positif, bagaimana jika sang distributor memiliki 3 kaki, (karena toh Tianshi bukan dibangun dengan sistem binary, which is good).
bintang tiga: 0 downline
bintang empat: 3 downline
bintang lima: 3 x 3 = 9 downline
bintang enam: 3 x 3 x 3 = 27 downline
bintang tujuh: 3 x 3 x 3 x 3 = 81 downline
bintang delapan: 3 x 3 x 3 x 3 x 3 = 243 downline
BL: 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3 = 729 downline
Total = 3 + 9 + 27 + 81 + 243 + 729 = 1092 downlines
Oops, jauh lebih banyak ya? Well, the truth is, skema di atas ini juga sulit sekali terjadi, karena tidak semua downline akan sukses dan bekerja sekeras sang distributor.
Waktu saya dulu ikut seminarnya, disarankan untuk punya 10 downline langsung. Karena Tianshi selama ini cukup fair, maka saya menganggap ini adalah best practice, anggaplah dari 10 downline itu selalu ada 3 yang berhasil, dan yang 3 ini juga menerapkan best practice ini sehingga kita naik tingkat
bintang tiga: 0 downline
bintang empat: 10 downline
bintang lima: 3 x 10 = 30 downline
bintang enam: 3 x 3 x 10 = 90 downline
bintang tujuh: 3 x 3 x 3 x 10 = 270 downline
bintang delapan: 3 x 3 x 3 x 3 x 10 = 810 downline
BL: 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 10 = 2430 downline
Total: 10 + 30 + 90 + 270 + 810 + 2430 = 3640
Well, perhitungan ini tidak menghitung jumlah downline yang “gagal” atau hanya “setengah jalan” Kalau itu dihitung juga 4000 bahkan 5000 bukan angka yang muskil, bahkan sangat optimistis.
Bukankah cukup mengerikan bahwa dari 2430 (line terbawah) yang bergabung dengan Tianshi, hanya ada satu yang menjadi BL? Berarti kemungkinannya kecil sekali saudaraku (1/2430) = 0,04% Hmmmh….
Kenapa 2430? Berdasarkan skema di atas 2430 adalah line terbawah, artinya jumlah ini yang harus bertambah ketika seseorang hendak menjadi BL dan bukan (1/3640)
OK, bagaimana dengan bintang-bintang biasa?
Anda ingin > 20 juta / bulan? Tentunya bisa didapatkan dengan menjadi bintang 8, peluang anda (1/810) = 0,1%
Anda ingin 10 - 20 juta/bulan? Bisa dengan bintang 7, peluang anda (1/270) = 0,3%
Anda cukup dengan 5 - 10 juta/bulan? Sip, bisa dengan bintang 6, peluang anda (1/90) = 1,1%
OK, tidak muluk-muluk deh, cukup 2-5 juta saja? Sip, bisa dengan bintang 5, peluang anda (1/30) = 3,3%
Ya, ya, ya, saya tahu analisis ini terlalu kasar. Karena MLM kan bukan main judi, semuanya tergantung perjuangan, semangat, berpikir positif, dll. Tapi saya menulis ini cuma mau mengingatkan saja kalau:
Slot untuk sukses sangat amat kecil di sini.
Belum lagi kalau sudah membahas tentang market saturation (kejenuhan pasar) yang pasti akan terjadi.
Jadi? Why MLM? Berwirausaha sajalah! lebih worthed.. ![]()
MLMs are only for those who are lazy … dreaming all the time … Indonesia is a potential market to fool
Komentar oleh rimphy van halen — Januari 8, 2008 @ 10:40 am
@rimphy
Halo rim! Pa kbr? lama juga gak liat lu, heheh…
yg lebih bisa dibilang kebodohan sih yang di sini rim, kalo Tianshi sih mending
Komentar oleh anthonysteven — Januari 8, 2008 @ 11:55 am
hai..met kenal ya
aku kalo MLM mmg ga minat bluas hehehehehe
Komentar oleh Joanne — Januari 8, 2008 @ 4:12 pm
g enggak pernah tertarik pada MLM apapun ^^, ga pernah ikutan cuma ada beberapa produk yang emang bagus g ada pakai
kek Amway, sekarang kan pakai nama banyak tuh Network 21 atau apalah, padahal judulnya maway juga. Ada produk pembersih yang emang bagus dan di pakai sama bonyok g semenjak 10 tahun yang lalu dech ^^
trus CNI ada vitamin yang cocok sama dd g hahaha. Trus Oriflame, g suka sisir dan perawatan kukunya, emang bagus hahaha
Tapi klo sampe daftar g enggak pernah sih
Komentar oleh pitshu — Januari 8, 2008 @ 4:14 pm
@Joanne
Yo, salam kenal
@pithsu
ya, kalo soal produk, setahu saya banyak yg bagus…
Komentar oleh anthonysteven — Januari 8, 2008 @ 4:42 pm
Saya seorang distributor Tianshi, dan saya berterimakasih sekali karena sistem Tianshi sudah dipromosikan habis-habisan oleh Anthony Steven. Anda baru saja melakukan Cyber NDT.
Mungkin anda trauma atau apa terhadap Tianshi, tapi dari lubuk hati yang paling dalam, saya berterimakasih, karena anda seorang yang open minded. Jika anda mengejar materi, maka anda akan frustasi.
Well, hidup adalah pilihan, kami tidak bisa memaksa anda untuk bergabung.
Komentar oleh Silver Lion — Januari 14, 2008 @ 11:47 am
@silver_lion
Cyber NDT? Apa yah itu?
Setuju banget, kalau hanya mengejar materi pasti frustasi. Banyak value lain yang bisa didapat dari Tianshi, produknya misalnya, cukup bagus menurut saya.
Bukan produk bohongan dan terpakai juga. Tapi kalau untuk cari uang banyak, maka sayang sekali sistem di Tianshi tidak memungkinkan >95% anggotanya mencapai penghasilan yang menggiurkan…
Dan ya, hidup memang pilihan
Thanks sudah berpartisipasi, wishing the best 4 u.
Komentar oleh anthonysteven — Januari 14, 2008 @ 3:07 pm
kalo berentrepreneur saya juga setuju abis tuh, tapi ya perlu diliat lagi berwirausaha / berentrepreneur itu kan jadi owner yg bisa dibilang enggak disuruh ato ngelamar, nah si thiansi ini pun begtu namanya juga franchise ya kita bukan ikut tapi beli license seperti McD. nah produk bagus sih memang (baru rencana mo ikut
)
pendapat pribadi , bisnis ini maupun bisnis apapun jika kita berpikir secra entrepreneur dan learning not schooling maka akan sukses.
kembali ke thiansi
saya yakin semua pasti bisa kok jadi si bronzeL ato si GoldL, saya aja yang ikut MLM yg lebih kejam aja sukses,
nah MLM yg lebih kejam ini adanya di Online seperti Google Adsense(affiliate), GenBucks, PTC/PTR/Bidvertiser/Smorty semua itu pake referal dan pake pyramid schema murni .
ngak kayak offline yg seperti thiansi yg masih menganut MLM murni (non pyramid schema) oh ya piramid itu bukan dari bentuknya lho, bentuk sih bisa dimacem2in. tapi dari skema sistemnya salah satunya apa downline mungkin sekali bisa melebihi upline jika iya, maka dia termasuk MLM white hat ato yg murni alias yg bener. kalo enggak ya itu yg black hat.
coba dipikir deh pasive income itu sama dengan gaji pensiun.
passive income=gaji pensiun.
pasiive income= setelah berjuang kita dapet penghasilan walaopun kita ngak kerja.
gaji pensiun= setelah kita bekerja di kantor stelah kita pensiun/ngak kepake kita dapet penghasilan walaupun kita ngak kerja.
singkatnya Pincome=Gpensiun=Tunjangan
Komentar oleh Arham — Januari 16, 2008 @ 1:48 am
Btw, lo kayaknya gak sekolah ya? gk usah jadi racun deh kalo gak mau jadi distributor… gw yakin lo pasti orang miskin yang sombong !
Komentar oleh mahameru — Januari 16, 2008 @ 10:28 am
@mahameru
Heheh, jadi Racun? Sori kalo sudah jadi pencuri impian. Toh, ini hanya hasil analisa saja, kalau tidak setuju, silahkan dijabarkan ketidaksetujuannya dimana….
Komentar oleh anthonysteven — Januari 16, 2008 @ 11:21 am
@Arham
“nah si thiansi ini pun begtu namanya juga franchise ya kita bukan ikut tapi beli license seperti McD.”
Sayang sekali, ada perbedaan yang sangat signifikan antara MLM dan franchise, terutama di dalam masalah kejenuhan pasar.
“saya yakin semua pasti bisa kok jadi si bronzeL ato si GoldL, saya aja yang ikut MLM yg lebih kejam aja sukses,”
Hmm, sayang sekali semua memang berpotensi tetapi sistemnya hanya mengizinkan <0,01% orang untuk menjadi lion…
nice day!
Komentar oleh anthonysteven — Januari 16, 2008 @ 11:24 am
Mas Anthony, aku nih Mahasiswa. Pengen punya penghasilan sendiri,tapi gak mau pinjem ato minta dari ortu atau siapapun. Ya… kumpulin duit bulanan deh. Usaha apa yang bagus ya? Pengen balik modal kurang dari 6 bulan. Modal dah kekumpul 2 juta… Tolong ya…^_^
Komentar oleh Daruku — Januari 17, 2008 @ 8:58 pm
@Daruku
Wah, saya tidak terlalu ahli dalam bidang ini jadi mungkin tidak bisa terlalu membantu namun sebaiknya melakukan usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
Semisal bisa design web, ya bisa usaha jasa design web.
Cara yang paling simple, mungkin ngeblog dan pasang adsense
tapi saya gak tahu juga karena belum coba di blog ini
~mungkinSudahSaatnyaMencobaKaliYa
Komentar oleh anthonysteven — Januari 18, 2008 @ 11:01 am
Wah,kalo aku liat, bwt Mahasiswa cocok juga tuh bisnis diatas. Pengen tau cara gabungnya… Kalo buka blog gini gmn caranya? Udik sih, aku cma bisa desain animasi flash aja…
Komentar oleh Daruku — Januari 18, 2008 @ 8:52 pm
ehm, join tianshi, berhenti di *4. ga lanjut karena ada panggilan. ehm, Tianshi keren sih, smua yang dijabarkan oleh bung Anthony benar, dengan segala kemungkinannya…
bersyukur ada MLM setidaknya mengurangi angka pengangguran (ato justru jadi bom waktu ya…?!belon tau, tunggu aja,he2)
setidaknya berusaha, itu penting, dan halal.zaman gini bisnis apapun ada resikonya,bagi yang dah join,lakukanlah segenap hati,dan jangan marah abis baca (’kan diatas ada yang emosi tuh) ya,buktikanlah kalau anda bisa sukses.memberi bukti bukan kata2, cie…
tapi bagi yang belon join dan berkeinginan untuk mencoba–> pikirkan dulu matang2, kalo emang sreg di hati dan di kantong,silakan aja atuh…
take care deh semua…
Komentar oleh Nathan_Lim — Januari 24, 2008 @ 12:05 pm
@Daruku
Gpp, dari flash bisa kok dapet uang.
Bikin blog? Ke wordpress.com aja abis itu dah gampang kok.
Bikin aja animasi yang keren-keren trus pajang di blog sama bilang: “terima jasa desain logo, animasi, dan web” hehehe
~cumaUsul
@Nathan_Lim
hehe, kayaknya sih ada kemungkinan jadi bom waktu…
~semogaAjaTidak…
Komentar oleh anthonysteven — Januari 24, 2008 @ 1:27 pm
Wah, aku ikut Tianshi jadinya.G tau-nya di lingkunganku dah ada banyak yang ikut. Lg coba produk dulu sih. Aku coba bikin blog juga. Nanti liat yah ^_^!
Komentar oleh Daruku — Januari 27, 2008 @ 9:14 pm
@Daruku
Hmm, ya sudah, wishing the best for u
Komentar oleh anthonysteven — Januari 28, 2008 @ 9:32 am
wah,hebat benar analisa anda tentang tianshi,tp sayang anda belajar dari sistem support yang lambat & hanya mengetahui kulit luarnya saja(Karena anda tidak bergabung).Pernahkah anda belajar dengan sistem support United Core Visionnya (UNICORE)? pernah anda dengar 6 pilarnya pak Louis tandean? pemasar terkaya di Indonesia serta bayi ajaib ditianshi? Bila pernah maka anda jawab sendiri analisa anda diatas.
Kalo anda lihat dari tianshinya maka sampai *5 saja anda sudah mundur.Tapi kalo anda lihat dari sistem supportnya(Unicore)anda bisa mencapai BL hanya 2,5 tahun.
Coba sekarang anda berwiraswasta dengan modal 2 jt.ayo anda mw bwt apa dengan wiraswasta modal segitu?terus 2,5 tahun dapatkah anda mencapai penghasilan sama dengan BL?Adakah reward yang anda terima kalo berwiraswasta selama itu?
Nah,anda sendirilah yang menjawabnya.
Komentar oleh relevyna — Februari 5, 2008 @ 4:56 pm
@relevyna
No, no, no, masalahnya adalah secara fundamental sistem MLM itu flawed, karena tidak bisa mengatasi problem dari Market Saturation, di lain waktu akan saya bahas… tapi untuk sekarang bisa lihat referensi di sini.
“Coba sekarang anda berwiraswasta dengan modal 2 jt.ayo anda mw bwt apa dengan wiraswasta modal segitu?terus 2,5 tahun dapatkah anda mencapai penghasilan sama dengan BL?Adakah reward yang anda terima kalo berwiraswasta selama itu?”
OK, katakanlah sistem UNICORE dengan 6 pilarnya itu luar biasa bagus sekali, lalu apa dengan ikut sistem support UNICORE saya pasti akan menjadi BL dalam 2.5 tahun? Tentu enggak kan… lalu berapa % kemungkinannya?
Lebih tepatnya, berapa downline yang harus saya punya untuk menjadi BL?
Dan tentunya sebagai upline yang baik ingin downlinenya berhasil kan? Berapa downline yang harus dikumpulkan oleh downline saya supaya mereka menjadi BL?
Dan akhirnya, dari semua yang ikut, berapa yang bisa jadi BL?
Anda sendirilah yang menjawabnya
Komentar oleh anthonysteven — Februari 5, 2008 @ 5:04 pm
gw stuju bgt, ga ush iqut MLM-an d…
yah… emang c.. sebenernya gw udh iqut Tianshi, cuma gara2 gw sering bli produk, spy dpt diskon, gw ga iqut OPP, NDT, VS.
iqut Tianshi butuh byk modal lho!
- form bwt gaet org, qta hrs beli 50rb
- brosurnya jg mahal
- daftar harga + list produk bli sendiri
- nyetak kartu nama dngan logo tianshi jg bayar
- spy bs jd core person harus langganan majalah (pastinya jg bayar.
- bwt prospek org: pulsa, transport, waktu, dlll
weleh.. mendingan ga iqut d!
Komentar oleh mykatherine — Februari 7, 2008 @ 1:25 pm
sebaiknya anda belajar pada buku2 orang sukses…
pelajari rumus yang mereka gunakan…
orang sukses ada di kuadrant B…
dan alat paling cepat adalah network marketing…
knp anda menyarankan kita masuk CNI, SOPHIE MARTHIN ATAU YANG LAIN???…
bisa anda tunjukkan pada kami reward apa saja yang bisa di dapet d mlm itu???…
berapa orang yang udah terima reward…
ada ga yang nyata nrima BMW???…
di tianshi udah 150 Lebih BMW dibagikan….
ada ngga di MLM lain yang nyata seperti itu???…
kalo di tianshi banyak yang gagal itu karna faktor pilihan…
banyak kok yang sukses dibisnis ini…
anda pilih gagal atau sukses???..
ok, lebih banyak yang gagal…
karna sukses itu minoritas…
pkirkan sekarang…
Lebih banyak mana orang miskin ma orang kaya???..
orang juara 1 pd lomba2 lebih sedikit bukan jumlahnya??..
karna itu kenyataan…
itu juga saya kembalikan sama anda..
ingin masuk kalangan minoritas atau mayoritas???
atau anda berwirausaha yang sudah tau hasilnya segitu-gitu aja meskipun toko anda buka seharian???…
Komentar oleh niar — Februari 18, 2008 @ 9:26 am
apa artinya uang 50rb kalau itu bisa bkin kita sukses…
saya sarankan anda ikuti acara tianshi..
dari opp+ NDT + VS…
itu sangat penting untuk masa depan anda!!!!
Komentar oleh niar — Februari 18, 2008 @ 9:29 am
@niar
“sebaiknya anda belajar pada buku2 orang sukses…
pelajari rumus yang mereka gunakan…”
Oh, saya banyak baca kok. trust me :D. Rich Dad Poor Dad, Retire Young Retire Rich, dll…. Satu hal yang perlu anda ketahui, bisnis memberi tahu orang lain cara untuk sukses memang menjamur sekarang…
“orang sukses ada di kuadrant B…
dan alat paling cepat adalah network marketing…”
Oh, really? I doubt it, especially the network marketing part
“knp anda menyarankan kita masuk CNI, SOPHIE MARTHIN ATAU YANG LAIN???…”
Wah, anda kurang teliti bacanya, saya gak menyarankan masuk ke MLM yang anda sebutkan itu kok. Malahan saya gak menyarankan untuk masuk ke MLM manapun.
Kenapa saya ambil contoh tianshi? Justru karena saya yakin Tianshi adalah contoh MLM yang baik, mau pakai contoh MLM apapun sama saja, MLM memang fundamentally flawed.
“anda pilih gagal atau sukses???..
ok, lebih banyak yang gagal…
karna sukses itu minoritas…”
Kenyataannya memang begitu, tapi kalau sukses yang didapatkan adalah sukses dari kegagalan orang lain, wah itu sih sukses yang semu…
“atau anda berwirausaha yang sudah tau hasilnya segitu-gitu aja meskipun toko anda buka seharian???…”
Kontradiktif kan?
Di MLM, kita akan diindoktrinasi dengan seminar-seminar dan buku-buku serta kaset-kaset motivasi, yet apa yang terjadi? Kita malah jadi pesimis terhadap peluang dapat uang dari bekerja, bahkan dari berwiraswasta.
Seolah-olah, sukses hanya bisa didapatkan dari MLM saja.
Akhir kata, anda bisa sukses di Tianshi… tapi…. ya peluang anda adalah seperti yang saya nyatakan di atas, dan seberapa hebatnya pun semua anggota Tianshi, yang bisa sukses hanya bagian sangat kecil dari populasi.
Good Day
Komentar oleh anthonysteven — Februari 18, 2008 @ 9:56 am
@niar
“kalo di tianshi banyak yang gagal itu karna faktor pilihan…
banyak kok yang sukses dibisnis ini…”
Nope, banyak yang gagal, karena sistemnya memang mengharuskan banyak yang gagal.
Banyak yang sukses?
anda punya datanya? coba bandingkan dengan jumlah anggota Tianshi yang aktif dan yang tidak aktif….
hint: Tidak banyak yang sukses, bahkan sangat sedikit.
Komentar oleh anthonysteven — Februari 18, 2008 @ 10:00 am
ups..rame juga tanggepannya. ya terserah penilaian jenengan2 semua apa. negara kita mulai bebas kok berpendapat.
mau tau mas steven kerja dimana, tinggal dimana. supaya saya bisa lebih kenal dan dekat dengan mas steven
nambah saudara kan baik….saya mau jadi sahabat mas steven yang selalu berbagi suka dan duka
Komentar oleh prieku — Februari 18, 2008 @ 3:46 pm
Pelan-pelan Anthony Steven sedang diprospek.
Komentar oleh Silver Lion — Februari 18, 2008 @ 4:13 pm
@prieku
Wah, saya mau diprospek yah
gini aja kita chat aja ya di anthony.pofasilkom@gmail.com
~sayaBeriKesempatanMemprospek
@Silver Lion
Iya, jadi inget dulu waktu saya join MLM
Komentar oleh anthonysteven — Februari 18, 2008 @ 4:19 pm
Terimakasih buat Bapak yang telah menulis artikel ini dan saya tidak pernah menganggap ini semacam provokasi publik tapi suatu ajaran pola puikir bagi semua warga negara agar mencoba berfikir lebih jeli.
Selamat….
Komentar oleh Djoko Winarno — Februari 19, 2008 @ 10:25 am
Yang menjadi heran saya …
Kenapa Pemerintah Indonesia dari dulu tidak mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti bisnis ini dan sejenisnya.
Padahal bisnis ini dan sejenisnya kan bisa untuk Program mengentas kemiskinan ataupun pengangguran di Indonesia?
Itu kalau saya simak dari propagandanya lho…
Maaf…Bagi yang masih kuliah,sebaiknya kuliah saja dulu.
ntar kalu sudah jadi sarjana sulit cari kerjaan …terserah kamu aja dech kalau mau ikutan bisnis sejenis ini..,saya maklum kok jika kamu terpaksa ngeboongi publik dengan cara beginian.
Tapi perlu diingat…
Mohon dengan sangat jangan ajak anak2 saya
Kami orang yang hidup pas2 an
Sehingga untuk biayai kuliah anak2 aja masih sering ngutang ke teman kantor.
Saya orang Indonesia Asli tapi benci sama orang Indonesia sebagian yang BHODO.
Terima kasih Anthony…..
Komentar oleh Djoko Winarno — Februari 19, 2008 @ 11:17 am
@Djoko
Kembali pak, senang bisa membantu.
Mungkin bukan membohongi, hanya belum sadar saja akan sistemnya…..
Good day!
Komentar oleh anthonysteven — Februari 19, 2008 @ 11:30 am
Hi Anthony,
Salam kenal … (tadi udah ngasih komentar di posting lain tapi lupa ngasih salam …:-D)
Aduh kok pusing ya .. angkanya berderet-deret… yang ada saya jadi melihat bintang-bintang … hihihi … Maklum kuliahnya jurusan Sosial, jadi ngga biasa ngeliat angka … senengnya ngeliat duit.
Anyway, thanks buat sharing tentang Tianshi-nya. Wah, teman-teman Anthony yang mengajak ikut Tianshi bisa nangis kalau membaca posting ini. Soalnya penjelasannya baik sekali. Padahal tertulis lho. Yang aktif Tianshi aja sampai bilang terima kasih sudah dipromosikan. Seandainya Anthony ada di jaringan mereka, mungkin distributor yang walahualam tadi masih berbisnis sampai sekarang.
Ikut sharing juga. Saya pernah ikut MLM, dan memutuskan untuk berhenti. Bukan karena MLM-nya, bukan salah support systemnya juga, tapi sepertinya saya memang bukan tipe orang yang bisa hidup seperti itu.
So, saya menghargai keputusan dan pendapat Anthony. Thanks juga untuk sharingnya. Saya yakin bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang berpikir untuk menekuni MLM, khususnya Tianshi.
Komentar oleh Stephen — Februari 19, 2008 @ 3:54 pm
@Stephen
Ya, salam kenal pak
Komentar oleh anthonysteven — Februari 19, 2008 @ 4:14 pm
semua orang yang nganggep remeh tianshi…
maaf bgt…
mungkin terlambat untuk nyuruh saya belajar n berhenti d bisnis ini..
karena saya terlanjur sukses… ^.^
untuk orang tua yang tidak mendukung anaknya ikut dibisnis ini…
saya mrngalami hal yang sama…
orang tua saya dulu tidak mendukung…
malah orang2 yang dah bisa saya rekrut samo orang tua saya uangnya disuruh ngembalikan semua…
saya menolak…
bukanya saya kurang ajar tapi saya jalani bisnis ini untuk membalas budi mereka..
saya bilang sama mereka waktu itu “sebelum saya bisa ngasi mobil ma rumah buat ayah sama ibu saya ga akan berhenti dibisnis ini..!!
selesei ngomong gitu saya kekamar dan menangis…
knp mereka ga ngedukung pdhal ini semua aq lakuin buat kebahagian mereka…
setelah 6 bulan berikutnya saya dah bisa bikin opp akbar n ngedatengin orang yang dapet reward BMW.,.
dan saya sempat d kasi kesempatan untuk berbicara diatas panggung…
kebetulan kedua orang tua saya hadir..
saya waktu itu diperkenalkan sebagai upline yang sangat membantu downline d daerah saya…
disitu saya cerita asal mula saya masuk dibisnis ini dan apa impian saya kedepan…
disitu saya berjanji di depan orang banyak…
“orang pertama yang menerima ucapan trimakasi saya kalau saya berhasil adalah kedua orang tua saya.. karna ejekan dia saya makin semangat untuk sukses karna saya ingin segera membuktikan kpd mereka kalau saya bisa sukses dibisnis ini”
saya melihat kedua orang tua saya menangis….
dan tahun depan saya ke malaysia untuk ambil reward saya d malaysia….
BMW….
thanx buad orang2 yang ga ngedukung saya…
berkat kalian saya bisa sukses… thnx buad semangatnya…
saya cew masi 19 tahun… tapi saya bisa sukses…
didunia ini ga ada yang ga mungkin!!1
bayangkan kalau anda adalah orangtua saya apakah anda masi te2p marah ma ank bapak kalau mereka bisa ngasi anda mobil n rumah?!!??…
BISNIS INI BUKAN BISNIS FATAMORGANA!!
mungkin dulu saya juga berfikir sperti itu…
tapi saya adalah bukti sejarah d daerah saya…
betapa mulianya bisnis ini.. karna saya tidak sukses sendiri..
disini saya juga telah merekrut pembantu n pedagang baso keliling…
n mereka sangat berubah sekarang…
betapa berartinya hidup ini karna saya bisa membantu mereka…
GO FREEDOM!!! thnx 4 all…
Komentar oleh niar — Februari 19, 2008 @ 9:57 pm
@niar
wow, saya sangat terkesan, umur 19 tahun dan sudah sukses, wanita pula, pasti sangat inspiratif, salut buat anda.
Anyway, sayangnya kesuksesan anda tetap merupakan sebuah cherry picking. Contoh hebat yang ada dalam proporsi yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah populasi.
Dan saya setuju dengan anda, di dunia ini gak ada yg gak mungkin
anda bisa kaya dengan berwiraswasta atau menjadi karyawan, bahkan dengan peluang yang lebih besar…
Good day!
Komentar oleh anthonysteven — Februari 19, 2008 @ 10:49 pm
yuPz…
BedaNya berwIraswasta mUngkin membuTUHKAN MoDAL YANG SANGAT BeSAR…
bUkan bGitu???…
d tIanshi faktor KerUgian jeLas tIdak ada sama sekaLi…
kIta disini nanam aset…
bUkan kerja…
kaRna Orang2 yang berfIkiran pOsitif jUga sedikit jadi wajar kalo orang susah bgt diajak sukses…
^_^
sUkses jUga bUat anda…
Komentar oleh niar — Februari 20, 2008 @ 9:17 pm
wow niar. Salah seorang leader. Salam kenal crossline.
Komentar oleh Silver Lion — Februari 21, 2008 @ 5:55 pm
yUpz…
Lam kEnaL juga…
GO DIAMOND!!
^.^
Komentar oleh niar — Februari 22, 2008 @ 7:20 am
@niar
Besar memang iya, tapi tidak sebesar itu, masih bisa dijangkau…
Faktor kerugian gak ada? Saya gak setuju
rugi waktu, uang, dan pola pikir sering terjadi kok hehehe
OK, sukses buat anda.
Komentar oleh anthonysteven — Februari 22, 2008 @ 2:04 pm
anyway, niar dari grupnya siapa ya? saya dari grupnya Eric Yong (SL), Dr. Suriyanto (BL)
Komentar oleh Silver Lion — Februari 22, 2008 @ 2:47 pm
saya dari gRoupnya bU diah savitri dan pak nURsam…
^_^
Komentar oleh niar — Februari 24, 2008 @ 8:37 pm
wOw anda SaLah bEsaR…
kIta dsini investasi waktu jugag…
mUngkin dalam setaon kita bekerja mati2an..
tapi steLah itu..
mungkin anda bnar2 akan merasakan sUkses yang sbenarNya..
bebas uang dan Waktu..
Oh iah..
thnx dah mau jLaSin maRketing PLanNya tIenS..
d bLoG ANDA INI..
tapi mUngkin anDa kUraNg sadar beTaPa MuDahnya marKeting pLan yang anda tuLis di bLOG ANDA SEnDIRI…
peLaJariLah kaWand…
berIta seperti LipUtan 6 itu faKta..
anDa perCaya bUkan??..
tIens biSa meWuJUdkan imPian dan bIsa merUbah kita daLam waktu 1-2 taOn (kaLau bnr2 d jaLnkan) itu jUga faKta….
kNp sih pada sUsah d ajaKin kaYa…
kaYa itu eNk loh..
apaLaGi seUmuran saya bIsa sUkses…
ada apa dGn tIENS???..
BeGitu buRukkah nama tIenS dimata Orang???..
SaLah ya kaLo tiens bisa baNtu kIta untuk mewUjudkan impian kita???…
oK.. aNda gag pErcaya kYa gImana jUga kIta masi bIsa sUkses..
anda Ga mau gabUng d tIanshi itu juga bUkan kIta yang rUgi tapi anda…
kIta ci mesKipun anda ga bergaBung jUga masi bisa kaYa..
^_^
Komentar oleh niar — Februari 24, 2008 @ 8:50 pm
Hmm banyak banget perdebatan diatas, Terus terang saya baru *5 Tiens dlm 6bln. Saya cuma pesan dengan orang2 diatas yg cenderung negatif apa anda rela masa depan anda mjd tertunda bahkan tujuan hidup jd kurang berkualitas hanya karena menghabiskan waktu untuk menganalisa?? Kejenuhan pasar sptnya hal utama yg dikemukakan oleh penulis. Sekarang dengan adanya variasi dalam pembidangan di Tiens, kejenuhan seperti apa yg masih menjadi sebuah kendala? Saran saya agar anda dpt menjadi seorang visioner yg mampu membaca peluang, sekarang saat yg tepat untuk anda dpt menjalankan usaha ini. Pelajari & Dalami semuanya, setelah itu putuskan. Diatas hanya membahas 0,1% dari 99,9% tentang Tianshi. Sebelumnya tetap saya ucapkan banyak terima kasih untuk penulis Situs ini, dan manfaatkanlah Potensi anda, peluang anda sangat besar Mas. c u..
Komentar oleh Gilank — Februari 24, 2008 @ 11:58 pm
kan di tianshi bintangya g turun
mana bisa kaya kalo bintangya g turun
mlm
adalah menggali lubang kubur sendiri dan menyiapkan lubang untuk downline anda
bila tidak ada orang yang memberi kita gundukan tanah maka kita bisa terkubur sendiri,dan seterusnya…
bwt temn2 yang ikut mlm semoga sukses n dapet pesawat terbang
Komentar oleh katrok — Februari 25, 2008 @ 12:44 am
sistem downline itu selalu ngingetin sama vampir a.k.a. draculla!
semua mikir piramidnya ke bawah, ga pernah liat ke samping. jangan2 sebelum dia berhasil mencapai level tengah, semuanya sudah jadi vampir! kita ga pernah tau market potential dari tiap mlm berapa, jadi jangan tertipu sama gambar piramid dan 0 di rupiah yang banyak
Komentar oleh abimono — Februari 25, 2008 @ 7:40 am
oh iya, buat yang sharing cerita sukses di atas, pernah ga sih kepikiran berapa tahun lagi downlinenya akan sukses juga? atau cuma jadi korban “gigitan” anda?
Komentar oleh abimono — Februari 25, 2008 @ 7:42 am
@niar
Faktanya mbak niar, 99,9% orang gak berubah nasibnya setelah 1 - 2 tahun, >98% nasib orang gak akan berubah walaupun bertahun-tahun dan bukan karena mereka malas atau bermental pecundang, melainkan sistemnya tidak memungkinkan..
Setuju mbak, tapi lebih enak lagi kalo kaya dengan cara yang lebih baik
@gilang
Justru kelemahan orang zaman sekarang adalah seringkali tidak mau menganalisa dan hanya terima apa adanya, istilah kerennya mungkin duplikasi
(cheers)
Well, apa anda rela masa depan anda tertunda bahkan tujuan hidup jd kurang berkualitas hanya karena tidak menghabiskan waktu untuk menganalisa?
Variasi seperti apa ya? Kejenuhan tetap akan ada kok, karena MLM berkembang secara eksponensial sedangkan pasar bersifat finite.
Thanks untuk sarannya, mungkin anda bisa dengan baik hati membagikan kepada saya 99.9%nya di komentar berikutnya, siapa tahu ada orang-orang yang tercerahkan
@abimono
vampir? wah sadis amat, hehehe… Bukan vampir lah, hanya belum sadar aja.
Komentar oleh anthonysteven — Februari 25, 2008 @ 8:18 am
hm…ada yg sukses juga?yeah,sukses di atas penderitaan downline2 yg laen..
yang sukses dikit,yang mampus banyak.
sukses di atas tumpukan mayat orang2 yg berhasil ditipu,eh mxdnya, di-’persuasi’ untuk masuk tians…
~Call it cynicism,but that’s the truth…
Komentar oleh Clifford — Februari 25, 2008 @ 10:36 am
Artikel yang bagus,saya salut untuk anda. Analisis yang matang (tidak serampangan) dan usaha yang keras adalah salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam berbisnis itu menurut saya :-).
Komentar oleh Syamsuddin — Februari 25, 2008 @ 1:50 pm
Ada yang positif, ada yang negatif. Itulah hidup. Banyak pilihan. Tidak ada yang memaksa orang negatif untuk ikut MLM Tianshi kok.
Para distributor Tianshi - termasuk saya - juga sangat menghargai mereka yang masih bekerja, atau malah distributor dari MLM lain. Tidak ada kecenderungan untuk memaksa mereka.
Untuk Anthony Steven, yang dianjurkan (di Tianshi) sebenarnya bukan 3 kaki, melainkan minimal 10 kaki yang direkrut. Marketing plan di atas hanyalah persyaratan saja untuk naik peringkat.
Komentar oleh Silver Lion — Februari 26, 2008 @ 11:54 am
@Silver Lion
Hehe, hati-hati dengan dikotomi orang positif dan orang negatif pak
Apalagi kalo positif disini diartikan sebagai orang yang punya pandangan positif tentang tianshi.
Singkatnya, kita harus positif, tapi jangan naif.
Setuju, memang itu yang saya jelaskan diatas
Wah, ternyata gaya penulisan saya masih kurang bagus, tks untuk penjelasannya
Good day
Komentar oleh anthonysteven — Februari 26, 2008 @ 12:16 pm
OK. Jadi mau gabung gak?
Komentar oleh Silver Lion — Februari 26, 2008 @ 5:45 pm
@Silver Lion
Makasih, No thanks.
Saya sarankan kalau anda mencari sukses secara finansial yang stabil dan benar anda segera keluar dari dunia MLM, tapi itu cuma saran
@All
Saya sarankan juga untuk semua pembaca yang terlibat di MLM maupun yang baru mau terlibat di MLM dengan niat mencari sukses secara finansial yang stabil dan benar untuk segera keluar atau mengurungkan niat untuk bergabung, tapi sekali lagi itu cuma saran
Anyway, keputusan ada di tangan masing-masing, pesan saya: Jangan biarkan keserakahan mengelabui mata dan hati anda
~cheers
Komentar oleh anthonysteven — Februari 27, 2008 @ 8:02 am
Hahahaha,diajak gabung lagi tuh,biar dapet korban,eh sori, mxd gw downline lagi
Komentar oleh Clifford — Februari 27, 2008 @ 2:08 pm
wadOh2…
diajak sUkses kuq pada sUkses yah!!!…
ok, kIta Liat ajah 2 taun kMudian..
siapa yang jadi Jutawan…
dan bnr merasakan sUkses yang gag hanya bebas finansial tapi juga waktu…
kIta atau anda?!?!!?…
^_^
Komentar oleh niar — Maret 4, 2008 @ 9:25 pm
@niar
Bukan masalah kaya atau tidak, masalahnya bagaimana caranya menjadi kaya?
Di tianshi sukses finansial dan waktu? Sorry, I doubt it, terutama untuk 99.9% anggotanya, mungkin anda termasuk yang 0.01%
tapi biar bagaimanapun downline-downline anda mayoritas akan masuk ke 99.9%
But I agree, 2 tahun kemudian (5 maret 2010) anda boleh hubungi saya lagi, atau posting di komen ini, dan mungkin bisa share seberapa bebas anda secara waktu dan uang
~cheers..
Komentar oleh anthonysteven — Maret 5, 2008 @ 8:52 am
hmm….saya tergolong baru masuk tiens tapi saya sudah kenal MLM seperti K link saya pernah ikut dan tiens pernah dulu diajak seminarnya tahun 2004, tapi saya tidak joint
baru kali ini saya joint,
hmm tiens emang bagus, sistem dan kekuatan perusahaannya sangat stabil apalagi berada di cina yang kedepan menjadai macan dunia baru..
produk juga oke banmget hasil ramuan dari obat2an kekaisaran ribuan tahun lalu dan bukan obat kimiawi…
Lalu unutk sistem bonus dsb, sudah jelas dipaparkan kalu kita jalan sesuai dengan sistem yang ada (silahkan baca starter pack nya) DIJAMIN lo dalam waktu 2 tahun BL kecapai asal konsisten…
banyak bukti kok..dan saya meyakini itu…
menjadi BL dalam waktu 2 tahun bukan perkara sulit…
tergantung dari niat dan semnagt serta kerja keras dari individu…
hmm, tiens akan besar sendirinya tanpa lo…hehehe
maap diatas ada komen bahwa MLM hanya untuk orang2 yang pemalas dan bodoh seperti Indonesia..anda salah…, justru orang cerdaslah yang begabung di bisnis ini… yang bisa memikirkan planning masa depan dnegan baik..
bukan tidak mungkin banyak milyader baru di indonesia hasil jebolan dari MLM tiens khususnya.,
dan akan banyak yang bisa diperbuat oleh orang2 kaya tersbut untuk bangsanya…yang pasti diharapkan yang baik2
ok
good luck…
tinggal tunggu waktu saja
semua akan indah pada saatnya
Komentar oleh diko — Maret 7, 2008 @ 11:44 am
wah…bener2x rame…ada pro, ada kontra, ada yg tenang2x wae tp ada juga yg panas neh
seru abis!!! so, nimbrung bole khan…
sedikit background ttg gw, sejak lulus smp gw ikutan salah1 mlm dgn angan2x sangat tinggi…bbrp keluarga gw smp hr ini tetap setia n sukses di mlm tsb…gw jg sempet nyoba2x mlm lain…tp spt yg bisa diduga, i failed
bertahun2x setelah itu gw antipati banget thd yg namanya mlm, smp 1 hr….by accident….hehehe…gw dgr ttg kesaksian dr byk org yg tertolong oleh produknya tianshi dan gw jg mendgr ttg marketing plannya. gw yg bs dibilang mengerti sistem mlm (walaupun sedikit)…cukup shocked dan akhirnya…dengan akal sehat memutuskan untuk join.
unt temen2x yg menganggap setiap org yg join mlm itu berniat menggali kubur buat downline….gw mohon, pleaseeee don’t judge us like that…pleaseee….krn ga semua yg join mlm berpikir spt itu.
gw baru *7 dan gw emang lon naek mobil mewah lho frenz…mungkin ada yg bertanya, why????? katanya tianshi bisa bikin kaya kok loe lon naek mobil mewah?? gw blg lon kok, but i’m sure the time will come….
ok, gw jelasin napa gw join tianshi n tetep setia walau skrg msh lon naek mobil mewah. krn target gw beda, gw join krn :
* gw sangat ingin bantu mrk2x yg bth produk2x tianshi untuk kesehatan mrk (n ternyata sangat banyak yg tertolong…thx God!!!)
btw, kalo qt beli obat, vitamin, dll di apotik ato toko2x khan ga ada yg ngasih komisi neh….nah kalo disini khan yg bukan bertujuan bisnis tetep bs tertolong krn pembelian mrk akan terdiskon dgn komisi2x yg mrk dpt….apalagi kalo pembelian rutin tuh…
* gw ingin membantu downline unt dpt income setiap bulan ttp bs bekerja layaknya wiraswasta (napa gw blg wiraswata?? krn emang cuma di tianshi yg sistemnya bs buat qt ga disuruh kerja kaya sapi n diperintah ato diatur sapapun. khan emang kalo wiraswasta : qt mentarget diri qt sendiri khan?? bukan ditarget oleh org lain atau perusahaan spt mlm2x yg lain.)
Puji Tuhan, sampe hari ini cukup byk yg tertolong juga mendpt income yg pasti setiap bulan….
gw selalu nanya, n gw jg pengen nanya sama semua yg baca: kalo qt dgn modal total 2juta aja (yg ga hrs dlm waktu sekejap tp bisa dicicil kpnpun) trus tiap bulan dikasih duit 1juta selama setaon aja (anggep aja cuma setaon)….mau ga?? nah apalagi kalo lbh dr setaon n lebih dari 1juta…bahkan smp 4ever…..
so, buat karyawan2x yg biasanya penghasilan perbulannya 500rb kira2x kalo ditambah lagi 500rb ato 1juta, mau ga ya???? bersyukur ga ya????
itu seh pemikiran gw….bole setuju bole jg kaga kok…
jujur, gw ga terlalu srg gabung dgn komunitas tianshi krn gw amat sangat ga cocok dgn cara2x prospek n closing yg dilakukan hampir semua mlm….tapi itu ga berarti gw ga mau join tianshi lho….khan problemnya bukan di mlm-nya tp di sdm-nya aja….toh disemua pekerjaan jg ketemu yg kaya begini…perusahaan n barangnya ok tp sales ato personilnya ngawur abis. bahkan yg kdg bikin kesel upline yg ngaku2x income 10jt tp beli pulsa aja ga bisa….ini realita mlm, byk yg suka omong besar…tp sekali lagi itu cuma sdm….gw seh dr tianshi sebulan dpt-nya 1.5 - 2.5jutaan aja kok….itupun gw ga ngapa2xin lho krn semua jalan begitu aja…n kalo dipikir2x untuk modal 2jt….gw ga pernah nyesel masuk tianshi, bahkan dah sangat2x bersyukur tuh
fyi : gw ga pernah nyaranin downline gw yg hanya tukang bakso misalnya, untuk terus2xan dtg pertemuan, beli buku, beli kaset n pernak pernik yg srgkali disarankan n dianggap beban oleh salah1 tanggapan di blog ini….krn gw emang mau bantu mrk untuk dpt income, bukan mau ngrampok ato bikin susah dia ato malah cr untung sendiri….boro2x buat beli buku n kaset, bukan makan aja susah booo! hehehe
* gw melihat sistemnya tianshi bagus dan bisa jalan tapi rewards yg ditawarkan tianshi gw anggap sebagai akibat saja kok. bukan tujuan! karena sistem bagus itulah gw yakin suatu saat gw nyampe juga ke mobil mewah gw
gw saat ini ga ngebut2x kok jalanin tianshi….
selalu gw jelasin detail produk n sistem….n kalo mrk liat peluang yg sama….let’s work 2gether…tp kalo ga jg gpp lho….pastinya gw ga mau kalo mrk join krn dipepet/diuber gw…join krn sungkan (yg biasanya ujung2xnya ga enak tuh…hehehe)….gw ga mau downline gw join krn liat gw…tp krn bener2x liat produk n sistemnya
setiap gw prospek (yg pastinya pertama2x selalu org2x terdekat gw dulu-which means gw ga berniat nguburin mrk :)…
byk yg anggep cara gw konyol….tp buktinya….Tuhan yg paling tau motivasi n ati qt….gw nyampe juga khan ke *7 walau tanpa cara kerja yg semau gw n ga cepet kaya roket….
oya, sedikit masukan neh buat anthony….
bro….i think it would be nice if u don’t mention names…kayanya lbh wise kalo kamu bilang “(sebaiknya) jgn ikut mlm” dan bukannya “(sebaiknya) jangan ikut tianshi” krn walaupun cuma usul dll, kata2x tsb cenderung menyerang n pasti ada yg tersakiti atau dirugikan….ya ga???
gw sekalipun bs menjlskan hal2x yg merugikan dr mlm kebykan, pd saat prospek lbh senang kalo tdk menyebutkan nama perusahaan. kayanya kok kurang etis aja gitu….
ok d….sori kalo belepotan n ada yg berkenan
have nice day frenz…GBU !!!
Komentar oleh faith — Maret 8, 2008 @ 8:34 am
sori bro…kata2x terakhir ada yg kurang…
“sori kalo belepotan n ada yg ga berkenan maksudnya
Komentar oleh faith — Maret 8, 2008 @ 9:52 am
Buat yang ikutan (baca: distributor) Tianshi, tolong jangan hanya mengejar keuntungan. Pikirkan juga konsumen Anda dan jangan sembarangan merekomendasikan produk (meskipun itu hanya suplemen) tanpa rekomendasi dari dokter/orang yang benar-benar mengerti produk itu.
Saya membaca keluhan-keluhan terhadap produk Tianshi di sini, yang rata2 karena distributor yang salah merekomendasikan produk.
Untuk sistemnya sendiri, saya setuju dengan bung anthony, terutama bagian sistemnya mengharuskan banyak yang tidak berhasil dan sedikit yang berhasil… Apakah sebaiknya ikut bisnis ini atau tidak? Anda punya pilihan dan Anda bisa memilih. Kalau saya pribadi, memilih untuk tidak ikut bisnis ini…
Komentar oleh Charles — Maret 9, 2008 @ 11:02 pm
@diko
Dijamin? No, I doubt it, inilah kelemahan dari MLM, sistemnya hanya memungkinkan bagian sangat kecil untuk sukses, tapi yang gagal, seringkali disebut inkonsisten, tidak sungguh-sungguh, jadinya blaming the victim
Sebagai perbandingan, pada lomba matematika misalnya, semua akan diyakinkan untuk belajar sungguh-sungguh. Akan tetapi apakah semua bisa menjadi juara? Tidak, karena juara 1 ya hanya satu orang
Akan tetapi lomba matematika sangat fair, karena tidak menjanjikan kalau semua pasti jadi juara 1
Tidak demikian halnya dengan MLM, sistemnya jelas hanya memungkinkan sedikit sekali yang sukses, tapi memberi kesan seolah-olah semua yang ikut “asal niat” pasti sukses, hmmh…
Tergantung dengan cara apa orang-orang tersebut mendapat kekayaannya bung….
@Faith
Hehe, saya ini bukan Tuhan, dukun, ataupun psikolog yang bisa menebak motivasi orang, saya yakin kok kalau anda mungkin saja punya motivasi yang teramat mulia.
Tapi, motivasi bukanlah isu-nya, Sistemnyalah yang menjadi isu, sistem yang hanya mengizinkan sedikit bagian dari populasi untuk menjadi sukses.
Dan, sedihnya, sistem MLM adalah salah satu sistem yang bisa memanfaatkan motivasi orang yang paling mulia untuk kepentingan bisnis semata, tanpa disadari oleh orang tersebut.
Saya terpaksa menanggung resiko untuk tidak populer dalam hal ini, karena memang sudah saatnya masyarakat disadarkan dari janji-janji muluk MLM
Dan, saat ini saya memang sedang mengambil pendekatan spesifik ke perusahaan tertentu.
@Charles
Ya, saya setuju dengan anda
Komentar oleh anthonysteven — Maret 10, 2008 @ 8:14 am
“Bukan apa yang tidak kita ketahui yang menghindarkan kita dari kesuksesan, tapi apa yang kita ketahui namun tidak kita lakukan. itulah rintangan terbesar kesuksesan”
Slamat jd pengamat
Komentar oleh prieku — Maret 10, 2008 @ 10:19 am
@prieku
Setuju, semoga anda segera mengetahui, kalau sistem MLM sangat flawed dan tidak rewarding
~goodDay
Komentar oleh anthonysteven — Maret 10, 2008 @ 10:29 am
AQ*A air minum dalam botol seharga Rp.2.500,-/ltr masuk akal? dulu harganya sempat lebih mahal dari bensin.
kalo dijual satuan - Air di plastikin Rp.200 -botol plastiknya Rp.200 -label harga Rp.25 -tutup botolnya Rp.25 tapi koq kalo kita beli di toko/warung Rp.2.500 ya!!?? sadar ga kita udah ditipu +-Rp.2.000/botol?apakah ini bisnis MENIPU seperti MLM? atau apakah masyarakat BODOH masih membelinya? ternyata jawabannya adalah “ah engga merasa tertipu tuh biasa2 aja” (sadar ga?). koq bisa jadi mahal? wajar soalnya ada biaya DISTRIBUSI(calo) + PROMOSI(iklan) yang habisnya 60%-80% dari omset keseluruhan ( milyaran/jutaan botol ). kira2 kalo ditawarin gaji 1 milyar untuk jadi distributor + bintang iklan air mineral dalam botol mau ga? kalo ga mau bodoh ga? masuk akal ga? atau akalnya yang ga masuk? calonya tuh CAREFOUR-GIANT-HYPERMART silahkan pada jadi pemilik supermarket semua 100jt penduduk jadi pemilik supermarket semua ( modalnya dari mana mas? ). ilustrasinya : TIANSHI = AIR DALAM BOTOL, KITA = INDOMART, apakah kita orang TIANSHI karena memasarkan produk TIANSHI?BUKAN!! kita distributor pihak ke 3 bukan orang TIANSHI, Apakah Indomart yang bikin Sabun Lux? koq mau2nya dia distribusiin!? jangan Join Lux ya para Indomart!.BISA NANGKEP YANG SAYA TULIS? akal masuk? sy ga ngedewain MLM cuma kalo untuk yang mau belajar sy kasih tau aja bisnis MLM biasa2 aja ga beda sama konvensional bedanya ga DISKRIMINASI, jadi ga ada anak jalanan yg pake alesan “wajar saya nyopet toh saya ga punya titel pendidikan jadi masa depan saya kagok ancur” ato sy ga punya modal lahir dari keluarga miskin, saya bodoh, saya pesek, saya oon dengan hadirnya MLM ga ada org beralasan seperti itu lagi ( amin ).Gw org yg paling males harus cari-cari orang+manfaatinnya : DIBUTUHKAN ORANG min.pend S1 (IPK 2,75) untuk posisi PEMILIK PERUSAHAAN, digaji pas2an seumur hidup, bisa dilihat contoh yang sudah2 kerja selama 15 tahun….ga kemana2. di MLM bisnis tipu2an yang sukses baru ada 200 jutawan di Indonesia, sisanya cuma dapet produk kesehatan agar tubuhnya sehat. jadi yang SEHAT = RUGI. Terima Kasih - si idiot yg 3 bulan lagi mau dapet pesawat terbang berbicara kepada para pengamat -
Komentar oleh MLMers — Maret 11, 2008 @ 11:23 pm
Income temen gw yg *7 di Tianshi cuma Rp.5jt-an ( kalo di tianshi disebutnya keluar dari PARAMETER bisnis ) apakah GAGAL? ya dibanding temen2 gw yg laen Rp.1jt/bln udah 6 tahun kerja + 30 hari P17 ( pergi pagi pulang petang penghasilan pas2an potong pajak potong pacar pala pusing pinggang pegel - PERTAHANKAN )
Tau ga untuk mendapatkan pasif income Rp.5jt/bln diluaran sana membutuhkan dana tidak kurang dari Rp.500.000.000 dengan asumsi bunga 1%/bulan.di TIANSHI gratis alias dituker sama barang yang nilainya sama secara langsung ditempat.mau ga dijalanin jg bisnisnya udah untung.
Temen gw kerja di salah satu perusahaan pemerintah, dia sakit asma terus konsumsi CACING LANGKA Tianshi ( Cordyceps ) yang bisa mengaktifkan lagi Paru2nya yang bekerja kurang baik, pake konsep Yinyang.
Asmanya terkenal, temen2nya bingung dan nanya koq bisa seh sembuh total? kalo boong dosa, ya udah dia bilang aja sembuh karena produk dari Tianshi.
Temennya pada mikir kan? karena manusia normal.kalo ada produk bagus yang bisa membantu orang lain untuk sembuh kalo dibisnisin untungnya 2x 1.Orang berterima kasih karena sembuh dari penyakitnya 2.Duit dapet ( biaya iklan )
Akhir kata ya pada join mereka, padahal temen saya ga niat
buat ngajakin MLM, karena dia anti MLM. tapi sekarang posisi dia naek sendiri karena testimoninya.
Antara Produk & sistem ga bisa dipisahkan kita harus mempelajarinya secara baik & benar. karena bukan obat tapi FITOFARMAKA jadi kita harus profesional tau apa yang kita jual.
Ngomong2 sekarang daripada cape mendingan bisnis SUPERMARKET, produknya umum seperti yang ada di supermarket umumnya, siapa seh yang ga butuh sembako bulanan? yang ga manfaatin dari sekarang ya dimanfaatin, bukan begitu doa orang tua kita dulu “Kelak Jadilah anak yang bermanfaat bagi orang lain” kalo kita punya income Rp.40jt/bln+BMW+YACHT dari MLM Upline kita pasti seneng udah manfaatin kita, ada yang salah??
Yang sukses memang sedikit, tapi masalahnya adalah yang punya keberanian untuk berpikir jadi orang yang sedikit itu yang langka, buktinya banyak orang yang belum apa2 udah nganalisa gagal, orang mah sibuk beli hotel,beli pesawat, bantu sesama, eh ini malah MLM ITU ADALAH….sambil dia juga masih kerja untuk orang lain dan butuh orang lain juga untuk kerjasama kaya MLM aja .Pemilik pabrik 1 buruhnya 1000, kalo kebalik kasihan.
jadilah orang yang Naif,munafiq,aneh,gila,bodoh kalo itu bisa menolong keluargamu dari neraka, daripada pintar tapi ga bisa memberikan yang terbaik buat diri sendiri-keluarga & dunia.hidup nyusahin mati nyusahin, jadi tukang minta2 ama ortu.
hehehehe iseng2 nulis ga ada kerjaan, nunggu supermarket jadi.
yang pengen punya supermarket dengan modal ga lebih dari 100 juta boleh calling saya, mayan pasif income. Peluangnya Rp.4 Triliun/Bulan saya ada data statistiknya, oh iya tgl 24 Agustus sy jg ada pertemuan sama Presiden SBY kalo tertarik mau ikut hubungi aja saya
salam damai sejahtera
mohon maaf kalo ada kata2 yang kasar karena saya mahluk kasar bukan mahluk halus
doain ya lancar
Komentar oleh MLMers — Maret 11, 2008 @ 11:45 pm
@MLMers
Hehe, :D, ini argumen lama, dulu waktu saya ikut MLM, saya juga pake argumen semacam ini. Inti argumennya MLM adalah bisnis yg bagus dan sangat pintar karena bisa memangkas biaya distribusi dan iklan.
Perlu disadari sebelumnya, kalau saya juga tidak membela bisnis periklanan yang ada sekarang, itu topik terpisah, tapi masalahnya adalah apa iya produk MLM itu lebih murah dari produk pasaran?
Masalah kedua adalah apa iya produk MLM itu lebih bagus dari produk pasaran? Jangan naif dengan kesaksian dan testimonial, karena seringkali itu sangat subjektif
Iya nangkep kok. Terus terang aja, itu cuma hasil indoktrinasi dan akal-akalan MLM saja :), dengan mengatakan anda adalah distributor, pemilik bisnis pribadi, jadinya perusahaan tidak perlu membayar anda alias anda jadi tenaga sales gratis atau lebih tepatnya pembeli setia gratis yang menjaring pembeli setia gratis lainnya
Oh really? perlu anda ketahui bisnis MLM sudah ada dari puluhan tahun lalu, apa yang anda katakan terjadi :D? Atau anda mau berkilah, si pencopet diatas mencopet karena gak ikut MLM?
Argumen standar dari orang MLM, menghina pekerjaan reguler
khusus ini nanti saya bahas terpisah.
Anyway, di P17 yang anda bilang bahkan office boy pun digaji UMR, di MLM ratusan orang jadi jutawan dan sisa lainnya (ratusan ribu-jutaan), bahkan tidak dapat penghasilan sepeserpun (setelah dikurangi biaya menjalankan Tianshi)
Gak tepat, ada yang namanya reksa dana
ada yang namanya berwiraswasta mandiri.
Di Tianshi gratis karena ditukar senilai produk? Apa produknya sebagus itu, sekali lagi jangan naif, testimonial bisa subjektif
Gak tepat
Yang sukses memang sedikit, bukan masalah keberanian, attitude, dll, tapi karena sistemnya tidak memungkinkan banyak orang untuk sukses
Oh ya?
, masalahnya yg sibuk beli ini-itu karena sukses di MLM hanya sedikit banget
gak sampe 0,001% sisanya? Mayoritas tidak dibayar sedikitpun
Analogi yang keliru, dalam pabrik setiap buruh digaji, di MLM , mayoritas pengikut hanya mengejar mimpi belaka
sigh… :(, diluar sana, banyak orang naif, munafik, gila, bodoh, and trust me, itu gak menolong keluarga mereka dari neraka, mereka malah hidup nyusahin, mati nyusahin. You think MLM didn’t hurt anybody? Think again, friend. Banyak keluarga yang mulai retak bahkan ada yang bercerai, mahasiswa yang seharusnya menghabiskan waktu belajar, malah mengejar mimpi yang tidak kunjung datang….
Justru orang pintar yang banyakan nolong keluarga mereka dari neraka.
Gak tepat, yang benar: sisanya bekerja mati-matian mengejar mimpi, sampai mengganggu studi, mengganggu pekerjaan di kantor, bahkan seringkali mengganggu hubungan di keluarganya sendiri dan tidak dapat penghasilan apa-apa (meskipun mereka mungkin saja tambah sehat secara fisik) :D.
Ya, salam damai sejahtera. Saya doain supaya lancar, tapi terlebih lagi saya doain anda segera sadar
God Bless u.
Komentar oleh anthonysteven — Maret 12, 2008 @ 8:24 am
Dear, - si idiot yg 3 bulan lagi mau dapet pesawat terbang -
wah,mau ketemu SBY ya? Titip salam dong sama bro SBY.Terus tanyain kapan maen bola bareng lagi ya..gw tungguin di lapangan biasa bareng anak2 yg laen.ok2?
thx ya.
Komentar oleh Ramos — Maret 12, 2008 @ 10:25 am
Wah perdebatannya seru nih… Ada analisa yang cukup .. gimana gitu ya..awalnya saya kira yang nulis ini bukan atau belum pernah ber mlm ria .. eh ternyata di perdebatan dengan MLMers baru deh ada pengakuan “waktu saya ikut mlm” … dan ternyata gagal ya… pantes lah akhirnya buat analisa seperti ini..
Maksudnya sih baik ingin memberi pencerahan…. eh.. pencerahan atau pembodohan ya??? Karena bisa jadi motif nya hanya balas dendam kegagalan pribadi. Atau ngajakin orang untuk gagal bareng2 doi… gak enak ya gagal sendiri.. hehehe…
Jangan takut bos.. di dunia mah banyak yang namanya orang gagal. Ada yang gagal kaya, ada juga yang gagal miskin. Adanya orang2 gagal di dunia ini untuk membentuk keseimbangan… jadi berbanggalah kalau anda gagal.. Karena sudah berjasa untuk dunia sebagai penyeimbang.
Wah ngomong apa ya tadi gw..??? Weleh weleh weleh
Komentar oleh dewa — Maret 16, 2008 @ 9:58 pm
Tianshi is my way..hehe..didalam perjalanan hidup saya..saya merasa bahwa keputusan untuk bergabung di bisnis Tianshi adalah yang terbaik yang pernah saya ambil sampai saat ini..Gud lack everyone..
Komentar oleh Dreamerz — Maret 17, 2008 @ 2:00 am
@dewa
Mempertanyakan motif saya itu bukan cara berargumentasi yang baik, itu namanya ad hominem :).
Dan iya, saya pernah ikut MLM, gagal? Gak juga, saya gak segagal itu, tapi saya sadar “bisnis” MLM yang saya geluti membawa banyak kerusakan bagi para orang-orang yang “kurang beruntung” dengan menjadi downline saya.
sebaiknya jika anda tidak setuju dengan tulisan saya berikan argumentasi yang benar
Tepat sekali, anda ngomong apa sih?
Mari biasakan berpikir jernih dulu sebelum melakukan apapun.
@Dreamerz
Jangan terlalu percaya pada perasaan, karena bisa menipu, sebaliknya, sebaiknya anda coba untuk meninjau kembali “jalan” yang sedang anda tempuh. Good luck!
Komentar oleh anthonysteven — Maret 17, 2008 @ 8:52 am
wah mas, bang coi, or sapa pun anda … gak perlu macem2 argumentasi… percuma… komentar2 di atas sudah banyak.. so kan enakan jadi penilai… enakan meng analisa.. dan kite skrg lagi menganalisa sang jagoan yang nulis tulisan itu…
Tadi nya si analisa nya mo yang oke2 tapi setelah anda mengaku pernah ikut mlm juga… ya analisa nya cukup sederhana… “PASTI NYA ANDA TIDAK SUKSES BER MLM”
Tapi bingung juga si.. katanya gak gagal juga… hmmm. Kalo kata orang-orang si kalo yang namanya gak sukses berarti GAGAL bukan??? huehehe…
oke lah skrg anda merasa gak gagal tapi juga gak sukses.. trus mo jadi pahlawan bagi banyak orang. Menjadi juru selamat… wow keren juga tuh…
Tapi yang mo diselamatin harusnya juga mikir lagi… siapakah sang penyelamat???? Kalo yang mo nyelamatin orang gagal… itu si kayaknya bukan mo menyelamatkan… tapi mo ngajak gagal bareng2…
“ngomong apa ya tadi gw??” itu mah maksudnya supaya anda ngaca gitu loh… tapi ternyata kacanya dah burem banget.. ya jadinya gak bisa berkaca….
yuk sekarang kita berpikir jernih… amati… mikir lagi… amati… analisa.. mikir jernih lagi… amati lagi.. mikir.. analisa.. dah selesai… jadi deh rumah gw… hebat loh… ternyata dengan mikir amatin dan beranalisa jadi rumahnya… gila kenapa gak dari dulu aja gw bangun rumah dengan pikiran yang jernih dan analisa yang rumit…
oo iya .. apa bill gates mungkin harus konsultasi dengan anda dulu… mungkin kalo dia konsultasi ke anda terlebih dahulu akan jadi orang terkaya lebih dari urutan no 1..Jadi urutan 0 kali ya alias………..(isi sendiri titik2nya). Kenapa begitu.. karena kebanyakan mikir dan mikirnya terlalu jernih sampe 2 kali penyaringan.. akhirnya kesempatan-kesempatan lewat begitu aja… MIKIR nya kelamaan siiiii…
Wah ternyata meng analisa sesuatu itu menyenangkan loh. Dan hasil dari analisan saya kalo mo sukses dan jadi kaya.. janganlah mengambil apapun dari analisa-analisa orang yang kebanyakan mikir dan akhirnya gagal pula…
Ambil pelajaran dari kegagalan orang-orang yang sudah sukses. Kalo belajar sama orang gagal yang sok mo jadi pahlawan kesiangan .. kira kira mo dibawa kemana?? ke arah kesuksesan atau ke gagalan??? hayooo apa jawabnya…
Komentar oleh dewa — Maret 17, 2008 @ 4:34 pm
@dewa
Anda boleh berkomentar apapun tentang saya, pertanyaan saya cuma satu:
“Sanggupkah anda membantah analisa saya dengan argumen yang benar”?
Karena kalo iya, saya bersedia dikoreksi
Tapi kalo enggak, dan anda hanya bisa menyerang kepribadian saya, tandanya anda hanya merasa fanatik buta dengan MLM
Semoga membantu…
Komentar oleh anthonysteven — Maret 18, 2008 @ 9:11 am
Dari beberapa komentar di atas, terutama yang berkomentar negatif, ada komentar yang rasanya kok nggak banget. Saya jadi ingin beri tanggapan.
Begini, pada komentar tersebut, seolah mengganggap downline (DL) korban dan up line (UL) vampire. Pendapat ini bisa jadi benar apabila yang jadi up line adalah 0rang yang itu2 saja, demikian juga yg jadi DL. Dalam MLM, posisi up line dan dow line bisa menjadi relatif kalau dilihat dari sudut posisi, bukankah apabila si DL (menurut anda korban) ini berhasil menjual produk dan merekrut angota baru, otomatis pososi dia jadi UL (menurut anda vampire) bagi DL baru tsb? Bukankah dibisnis manapun juga begitu, katakanlah anda ingin bisnis jualan obat dgn sistem konvesional, anda kulakan obat di toko grosir obat, tapi kemudian anda diam saja atau tidak bisa menjual kembali obat tersebut (dalam MLM bisa dikatakan tidak berhasil merekrut anggota dan menjual produk), disini anda rugi investasi kan ? Apa anda akan manyalahkan toko obat tadi dan menyebutnya sebagai UL yang menghisap darah anda? Demikian juga MLM, ketika anda “kulakan” pada seorang distributor yang disebut sebagai UL anda, maka kalau anda ingin sukses ya anda menjual kembali barang kulakan anda tersebut sesuai sistem dan mekanisme di bisnis MLM tersebut. Tidak berhasil ya nasibnya seperti penjual yg kulakan di toko obat tadi. Memang diatas hanya gambaran sederhana, karena memang saya menjelasakan kepada anda yg juga berpikir sangat sederhana… sorry
MLM, adalah sebuah sistem penjualan lain disamping sistem konvensional yg sudah ada, dan faktanya sudah terbukti. Kalau anda mengklaim dari anggota MLM yg sukses, hanya segelintir saja, pertanyaannya, dalam bisnis yang lain (konvensiona), bagaimana juga prosentase yang sukses dibandingkan yg tidak sukses?
Intinya, ketika kita ingin sukses, yang kita berkerja keras dan maksimal pada bidang yg kita geluti, termasuk MLM.. dengan catatan, yang memang benar2 MLM lho, bukan yag mirip2 MLM.
Thanks, sekedar sharing.
Komentar oleh Ureh — Maret 19, 2008 @ 8:30 am
@Ureh
Terima kasih atas sharingnya. Jujur saja, dulu saya juga berpikiran seperti anda.
Sayangnya, ada perbedaan besar antara MLM dan usaha konvensional.
Di konvensional fokusnya adalah penjualan produk.
Di MLM fokusnya adalah perekrutan downline yang infinite (tanpa batas) hal ini akan mengakibatkan kejenuhan pasar yang tidak terelakan.
Satu hal lagi, di bisnis konvensional, mungkin yang sukses sedikit, tapi berbeda dengan di MLM, di konvensional semua bisa sukses bila berhasil melakukan penambahan nilai bagi konsumennya. Di MLM, serajin apapun anda, hanya 0,01% orang yang bisa sukses…
Artikel ini: vandruff.com/mlm.html bagus sebagai rujukan untuk anda baca.
Semoga membantu
Komentar oleh anthonysteven — Maret 19, 2008 @ 9:57 am
seru ya kalo dah bahas soal MLM.. ada pro ada kontra…. so yang bener mana??? ketawa gw bacanya….
satu hal yang pasti, kalo kita ingin mencari keuntungan pasti ada pihak yang dirugikan.. itu sudah hukum bisnis….
anyway saya ada teman menulis buku tentang kebohongan bisnis jaringan gitu, kalo sudah terbit saudara-saudara sekalian bisa beli dan baca di gramedia…
saya agak lupa judulnya, kemaren di kaci tahu.. kalau tidak salah …… kesalahan bisnis jaringan..
thx….
Komentar oleh mr. x — Maret 19, 2008 @ 2:04 pm
@mr. x
Wah, saya gak setuju. Bisnis yg baik memberikan pertambahan nilai bagi semua pihak, bisnis yang menguntungkan satu pihak dari kerugian pihak lain bukan bisnis yang baik.
Salam kenal.
Komentar oleh anthonysteven — Maret 19, 2008 @ 2:12 pm
@ anthonysteven
satu hal yang pasti, kalo kita ingin mencari keuntungan pasti ada pihak yang dirugikan.. itu sudah hukum bisnis….
Wah, saya gak setuju. Bisnis yg baik memberikan pertambahan nilai bagi semua pihak, bisnis yang menguntungkan satu pihak dari kerugian pihak lain bukan bisnis yang baik.
Salam kenal.
salam kenal juga, seperti apa bisnis yang baik..?? bisa jelasin sedikit…
yang saya ketahui seperti ini, misalnya saya perokok, saya membeli rokok di warung… si penjual rokok mendapat keuntungan dari saya yang beli…
saya mikir saya merasa dirugikan, sementara penjual rokok untung…
itu pandangan saya…
CMIIW
Komentar oleh mr. x — Maret 19, 2008 @ 2:45 pm
@mr x
Hmm, dalam kasus anda, berarti anda mendapat keuntungan mendapatkan kenikmatan dari merokok.
Komentar oleh anthonysteven — Maret 19, 2008 @ 2:51 pm
thank you… iya, tanpa gw sadari….
Komentar oleh mr. x — Maret 19, 2008 @ 3:45 pm
kalo gw sih setuju ama argumentnya mas antony noh…dengan menggunakan konsep probabilitas peluang dan statistik. kebetulan gw juga senang mendalami yg namanya ilmu statistika dan peluang
kalo menurut saran gw seh sebaiknya mas anthony ini juga melakukan riset atau survey lapangan aja menggunakan metode penelitian yang lebih jelas misalnya aja random cluster sampling, corelasi ato regresi kali yah…dan menyajikan data2 yang mendukung gt so bisa lebih kuat kalo mau diperbincangkan.
menurut gw, analisis yang baik adalah analisis yang juga didukung oleh data2 yang kuat. karena melihat dan berpikir dari sudut pandang sciencetificnya. gw tau emg itu butuh energi, waktu, dan ga bisa cepat. bisa juga dilakukan dengan team nya mas anthony diatas(foto) itu kan?
Dan gw sendiri juga sudah berkali2 ditawarin yg namanya MLM tianshi..cuma yang namanya bisnis MLM memang bisnis yang kesan pertamanya kelihatan menjanjikan, namun sangat sulit untuk bisa berkembang dan bertahan di dalamnya. Apalagi Gw jg trauma sempat